Leave a comment

Seam Seal Material untuk Jaket (part 1)

secara garis besar seam seal yg digunakan untuk outdoor gear di bagi menjadi 3. saya sendiri secara pribadi menyebutnya seam seal 2L, seam seal 2,5L, dan seam seal 3L… hehe sebenrnya untuk mempermudah klafisikasi seam seal bagi saya yg awam ini. adapun klasifikasi seam seal ini dibedakan oleh beberapa faktor dan karakteristik tiap seam seal itu sendiri.

seam seal 2 layer adalah seam seam seal tertipis di antara seam seal yg saya tau dan yg saya klasifikasikan diatas, dari kondisi fisik yg tipis, warnanya juga transparan, jadi ketika kita pres pada bagian2 kain wp yg terdapat jahitan, jahitan tersebut dapat terlihat dengan jelas, seolah-olah seperti tidak di sealing. hal ini karena warna seam seal 2L berupa transparan. seam seal tipe ini biasanya digunakan pada flysheet tenda, seam seal 2L yg saya miliki ini kebetulan memiliki melting point 70 derajat celcius, artinya ialah seam seal mendapatkan tekanan dengan suhu panas 70 derajat maka seam seal tersebut mampu melekat sempurna pada bidang yg (kain) diinginkan. panas 70 derajat celcius telah mampu melelehkan lem yg terdapat pada seam seal ini yg berguna u/ merekatkan seam seal pada kain.

seam seal kedua yg saya miliki adalah seam seal 2,5 layer, seam seal ini lebih tebal daripada seam seal 2 layer seperti yg saya deskripsikan di atas, kenapa saya sebut seam seal 2,5 layer? heheh alasannya sederhana saja, karena pada bagian atas seam seal terdapat motif/ print corak khas seperti kain wp 2,5L. oiya kebetulan seam seal 2,5L ini memiliki mp 80 derajat celcius. seam seal ini sudah pernah saya aplikasikan pada kain 2,5 layer yg saya jadikan celana.

seam seal terakhir dari klasifikasi versi saya adalah seam seal 3L, dari kondisi fisik seam seal ini, terlihat perbedaan yg mencolok dengan seam seal sebelumnya.. seam seal 3L ini lebih tebal dari seam seal sebelumnya, dan saya juga merasa jika seam seal 3L ini mengandung membran. untuk proses sealing, seam seal 3L ini butuh mp 90 sampai dengan 100 derajat celcius agar lem dapat merekat dengan sempurna. butuh tenaga lebih untuk sealing kain dengan seam seal 3L ini, lebih nekan setrika.. dan lebih panas juga.

dari mana saya tau mp tiap jenis seam seal tersebut? dari yg beri saya seam seal. tapi ternyata waktu saya cek di web yg jual seal, disitu di jelaskan spec seam seal nya, komposisi bahannya apa aja, melting poinnya berapa..

ScreenShot2012-11-01at80901AM

ah.. ini hanya pemahaman nyubi.. sengaja saya share dimari agar bisa dikoreksi rame2… thx buat perhatiannya..scr

Leave a Reply

