Leave a comment

Tips Mendaki Gunung (Pemula)

Ketika mendaki gunung, hal yang harus anda sadari adalah bahwa trek di gunung tidak sama dengan jalan-jalan di kampung. Trek digunung itu ada yang mudah, ada yang sedang dan ada juga yang sulit/ekstrim. Untuk kategori mudah biasanya berada di awal trek.

Beberapa hal ya560571_243373459111441_818559397_nng perlu anda perhatikan ketika mendaki gunung adalah:

1. Pakailah pakaian yang longgar dan sepatu trekking yang pas.

Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat saat mendaki. Bahan pakaian juga perlu diperhatikan, usahakan menggunakan pakaian dari bahan yang ringan. Untuk kenyamanan dan menghindari lecet hindari pakaian dari bahan jeans. Sepatu (idealnya sepatu trekking) juga jangan jangan yang ketat, tapi jangan juga kedodoran. Hasilnya nanti kaki akan lecet. Ga mau kan kakinya lecet?

2. Saat baru mulai mendaki jangan forsir tenaga.

Pengalaman saya ketika menemani pendaki pemula adalah meraka memforsir tenaga saat masih dibawah. Karena dianggap treknya mudah maka langsung ngejos tanpa memikirkan bahwa perjalanan masih jauh.

3. Berjalanlah dengan santai, jangan tergesa-gesa.

Berjalan secara perlahan namun tetap bergerak akan membantu anda untuk sampai tujuan. Tidak perlu tergesa-gesa, jika tidak ingin kehabisan tenaga sebelum sampai tujuan. Santai, fokus, nikmati perjalanan.

4. Jangan minum terlalu banyak, hematlah persediaan air.

Air adalah hal yang sangat vital dalam pendakian. Setiap pendaki harus membekali diri dengan air secukupnya. Hal kehabisan air ini juga sering kali terjadi pada pendaki pemula. Terlalu banyak minum selain akan mengakibatkan kesulitan berjalan –karena perut terlalu penuh air– juga akan mengakibatkan persediaan air cepat habis. Bisa anda bayangkan kalau kehabisan air sebelum bertemu sumber mata air. Saya sering menemukan pendaki yang kehabisan air sebelum sampai sumber mata air.

Saya tidak mengatakan bahwa anda harus menunggu dehidrasi baru boleh minum. Bijaklah dalam mengatur persediaan air.

5. Ikuti Trek atau jalur pendakian yang sudah ditentukan.
Jangan membuat trek baru. Selain akan berakibat tidak baik bagi linkungan sekitar gunung, hal ini juga akan mengakibatkan rawan tersesat. Jalur pendakian di setiap gunung sudah ditentukan, jangan coba-coba membuat trek baru.

6. Jangan duduk di trek pendakian saat istirahat singkat.
Jika sudah capai beristirahatlah sebentar, jangan paksakan diri. Usahakan untuk tidak duduk ketika istirahat sebentar ini, sebab kalau duduk maka untuk bangkit kembali membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Istirahat sambil berdiri cukup menghemat tenaga. Banyak pendaki trtinggal dari kelompoknya karena terlalu lama duduk, kalau sudah ‘pewe’ malas mau bangkit lagi. Ingat itu.

Terus kapan dong istirahat sambili duduknya. Masa berdiri terus?
Ini bukan aturan baku mas/mba bro. Ini hanya tips supaya perjalanan menjadi efektif dan tepat waktu, sukses dan menyenangkan. Anda boleh istirahat sambil duduk kapan saja, tapi risiko tanggung sendiri.

Istirahat sambil duduk itu kita lakukan kalau kita mau istirahat dalam jangka waktu yang agak lama, biasanya kalau sudah sampai rest area/pos. Para pendaki akan beristirahat agak lama kalau sudah sampai di rest area/pos yang sudah ditentukan.

7. Hemat batterai dan Media Storage.

Jika anda berniat untuk mengabadikan perjalanan pendakian anda dengan foto atau video, jangan terlalu dihambur-hamburkan.

Setiap langkah perjalanan pendakian itu adalah pengalaman yang berharga dan mengasyikkan. Pemandangannya jangan ditanya. Kalau anda mau mengabadikan itu semuanya maka anda membutuhkan batterai yang banyak dan media storage dengan ukuran super gede yang tak semua pendaki memilikinya. Jangan sampai ada peringatan Low batt atau Memrory Full pada momen-momen penting seperti waktu dipuncak misalnya, atau pada tempat-tempat istimewa lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: